Senin, 05 November 2018

Rajin sauna, cara enak untuk turunkan hipertensi

Rajin sauna, cara enak untuk turunkan hipertensi,- Mandi sauna 4-7 kali dalam seminggu bisa mengurangi risiko hipertensi atau tekanan darah yang sudah meninggi hingga hampir 50%, ujar penelitian.

Temuan ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan di University of Eastern Finland. Peneliti dari universitas tersebut menggunakan sampel 3 kelompok pria yang mandi sauna seminggu sekali, 2-3 kali seminggu, atau 4-7 kali dalam seminggu.

Hasilnya, risiko hipertensi menurun sebanyak 24% pada mereka yang sauna 2-3 kali seminggu. Sedangkan yang melakukan sauna 4-7 kali dalam seminggu, risiko hipertensinya menurun hingga 46%.

Lalu, apa yang menyebabkan demikian?

"Saat sauna, suhu tubuh bisa naik hingga 2 derajat celcius yang menyebabkan vasodilatasi atau rileksasi pembuluh darah. Sauna juga bisa memperbaiki fungsi endotel atau lapisan dalam pembuluh darah yang memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah sistemik. Sehingga tekanan darah yang naik pun bisa menurun," terang penelitian tersebut. "Kemudian, keringat yang muncul selanjutnya bisa menghilangkan racun atau cairan berbahaya bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar